Rumus Dasar Trigonometri Matematika

Rumus Web mengumpulkan materi Rumus Dasar Trigonometri Matematika ini untuk anak SMA demi UAN SNMPTN SPMB SIMAK UI. Silakan dipelajari :)

A. Pengertian Trigonometri
Trigonometri terdiri dari sinus (sin), cosinus (cos), tangens ( tan), cotangens (cot), secan (sec) dan cosecan (cosec). Trigonometri merupakan nilai perbandingan yang didefinisikan pada koordinat kartesius atau segitiga siku-siku.

Jika trigonometri didefinisikan dalam segitiga siku-siku a b c, maka definisinya adalah sebagai berikut:

B. Nilai Trigonometri untuk Sudut-sudut Istimewa

C. Rumus-rumus Identitas Trigonometri

D. Rumus- Rumus Trigonometri

E. Aturan Trigonometri dalam Segitiga

Rony Wijaya has written 73 articles

51 thoughts on “Rumus Dasar Trigonometri Matematika

  1. tolong dalam memahami matematika itu tidak hanya sekedar menghapal..saya memiliki pengalaman mengajar anak international bahwa mereka tidak belajar serumit diatas, namun soal mereka lebih aplikatif.. maka mereka dapat berpikir kritis..

  2. di dalam ilmu teknik sipil, trigonometri merupakan suatu hal yang penting…trigonometri membantu engineer dalam menghitung gaya yang bekerja pada suatu struktur dan membuat suatu temuan dalam aplikasi ilmu tanah dan lainnya…sebenarnya rumus itu dibuat bukan untuk dihafal namun untuk dimengerti… di dalam matematika itu sendiri kita sudah hafal rumus bukan berarti kita menghafal melainkan kita sudah mengerti dari konsep dari ilmu tersebut dan dengan sendirinya ilmu itu sudah ada di dalam kepala kita..pemahaman dasar sangat penting dalam matematika…apabila kita melupakan rumus tersebut, kita dapat menurunkan sendiri dengan pemahaman yang sudah didapat

  3. dita manik says:

    terima kasih sebelumnya….
    tapi saya ingin mengomentari rumus-rumus trigonometri no 2

    bukannya seharusnya itu
    cos (A+B) = cosA.cosB – sinA.sinB?
    A itu alfa
    dan B itu beta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>