Apakah biaya kuliah di UI mahal? Pertanyaan ini sering keluar dari pihak orang tua yang anaknya ingin berkuliah di UI dan memikirkan biaya kuliah di UI. Tidak jarang ada siswa SMA yang telah lulus seleksi masuk UI, baik dari SIMAK UI maupun SNMPTN, membatalkan niat untuk masuk UI karena punya anggapan yang salah bahwa kuliah di UI itu mahal.

Biaya Kuliah di UI

Biaya kuliah di UI tidak mahal! Saat ini UI menerapkan kebijakan BOP Berkeadilan, yaitu biaya kuliah yang harus dibayar bervariasi tergantung pada tingkat kemampuan ekonomi mahasiswa. Biaya Pendidikan di UI tidak boleh jadi hambatan bagi mahasiswa untuk berkuliah di UI. Selain biaya kuliah di UI bisa disesuaikan dengan kemampuan ekonomi, UI akan memberikan banyak beasiswa UI untuk menunjang biaya hidup mahasiswa di UI.

Biaya Pendidikan mahasiswa S1 Reguler yang diterima melalui SIMAK UI sama dengan biaya pendidikan mahasiswa yang diterima melalui SNMPTN Undangan dan SNMPTN Tulis.

Biaya Kuliah Khusus Program S1 Reguler UI

Besaran biaya pendidikan ditentukan sesuai dengan kemampuan orangtua mahasiswa (BOP Berkeadilan). BOP per semester untuk kelompok Program Studi IPS MIN Rp. 100.000,- hingga MAX Rp. 5.000.000,- dan untuk kelompok Program Studi IPA MIN Rp. 100.000,- hingga MAX Rp. 7.500.000,-

Uang Pangkal dibayarkan hanya sekali pada saat masuk (bisa dicicil) yang besarnya NOL hingga MAX Rp. 5.000.000,- (FMIPA, FIB, FIK, FKM), Rp. 10.000.000 (F.Psi, FE, FISIP) atau Rp. 25.000.000,- (FK, FKG, FT, Fasilkom). Nilai Uang Pangkal disesuaikan dengan kemampuan orangtua mahasiswa

Biaya pendidikan di UI sudah mencakup seluruh komponen pembiayaaan, tidak ada lagi biaya SKS, praktikum dan biaya tambahan lainnya.

Teman-teman, jangan kwatir dengan biaya kuliah kalian di UI. Insya Allah bisa dibantu oleh pihak UI dengan syarat, KALIAN HARUS JADI MAHASISWA UI DULU!!!! hehe, semangat + gambatte meraih cita-cita!