Biaya Kuliah di UI

Apakah biaya kuliah di UI mahal? Pertanyaan ini sering keluar dari pihak orang tua yang anaknya ingin berkuliah di UI dan memikirkan biaya kuliah di UI. Tidak jarang ada siswa SMA yang telah lulus seleksi masuk UI, baik dari SIMAK UI maupun SNMPTN, membatalkan niat untuk masuk UI karena punya anggapan yang salah bahwa kuliah di UI itu mahal.

Biaya Kuliah di UI

Biaya kuliah di UI tidak mahal! Saat ini UI menerapkan kebijakan BOP Berkeadilan, yaitu biaya kuliah yang harus dibayar bervariasi tergantung pada tingkat kemampuan ekonomi mahasiswa. Biaya Pendidikan di UI tidak boleh jadi hambatan bagi mahasiswa untuk berkuliah di UI. Selain biaya kuliah di UI bisa disesuaikan dengan kemampuan ekonomi, UI akan memberikan banyak beasiswa UI untuk menunjang biaya hidup mahasiswa di UI.

Biaya Pendidikan mahasiswa S1 Reguler yang diterima melalui SIMAK UI sama dengan biaya pendidikan mahasiswa yang diterima melalui SNMPTN Undangan dan SNMPTN Tulis.

Biaya Kuliah Khusus Program S1 Reguler UI

Besaran biaya pendidikan ditentukan sesuai dengan kemampuan orangtua mahasiswa (BOP Berkeadilan). BOP per semester untuk kelompok Program Studi IPS MIN Rp. 100.000,- hingga MAX Rp. 5.000.000,- dan untuk kelompok Program Studi IPA MIN Rp. 100.000,- hingga MAX Rp. 7.500.000,-

Uang Pangkal dibayarkan hanya sekali pada saat masuk (bisa dicicil) yang besarnya NOL hingga MAX Rp. 5.000.000,- (FMIPA, FIB, FIK, FKM), Rp. 10.000.000 (F.Psi, FE, FISIP) atau Rp. 25.000.000,- (FK, FKG, FT, Fasilkom). Nilai Uang Pangkal disesuaikan dengan kemampuan orangtua mahasiswa

Biaya pendidikan di UI sudah mencakup seluruh komponen pembiayaaan, tidak ada lagi biaya SKS, praktikum dan biaya tambahan lainnya.

Teman-teman, jangan kwatir dengan biaya kuliah kalian di UI. Insya Allah bisa dibantu oleh pihak UI dengan syarat, KALIAN HARUS JADI MAHASISWA UI DULU!!!! hehe, semangat + gambatte meraih cita-cita!

Author : Rony Wijaya

Dapatkan Update Rumus dan Soal Terbaru Dari Blog ini! Dengan memasukkan alamat email Anda di bawah ini, maka Anda akan mendapatkan update terbaru secara langsung.


rumus

Jika rumus ini bermanfaat, silakan klik Like Facebook

70 thoughts on “Biaya Kuliah di UI

    • Dachyar Muhammad semoga hal seperti ini tidak terulang lagi…
      tidak ada sistem yang sempurna, termasuk metode mengukur tingkat ekonomi keluarga mahasiswa.

      kasus yang sering terjadi pak, keluarga itu kurang komunikasi dan tidak lengkap persyaratannya untuk mengajukan keringanan biaya. saya sendiri kuliah di ui dengan biaya sendiri dari hasil kerja sambilan sana-sini karena saya anak daerah. maaf jika saya cenderung menilai kegagalan kuliah di ui dengan alasan uang itu cuma alasan kurangnya ikhtiar, baik dari mahasiswanya maupun keluarga.

      • ellydia says:

        anakku yang sulung sangat ingin kuliah di kampus UI, bagaimana kiatnya spy dapat menmbus dan menggapai cita2nya, apaun akan saya lakukan untuk kebahagiaan anakku

  1. jurusan ap2 ja sih yg ada di UI?

  2. Imaningtyas Ridar says:

    saya jadi pengen masuk ui

  3. SiiP dah lau Kayag Gitu dI UI

  4. Fikri Fahmi Amrulloh.
    Mahasiswa FKM UI 2012.
    Amiiiiinnnnn Allahku.. :)

  5. beneran tuh uang pangkal gak bayar lagi? soalnya pacar saya sudah lulus S1 FKG UI tapi masih harus bayar uang pangkal sebesar 10jt utk ko-as. padahal pacar saya mendapat BOP dari awal kuliah. namun menurut SK rektor yang terbaru, ada uang pangkal lagi dan biaya kuliah naik. jadinya pacar saya harus membayar 10jt (uang pangkal) + 7,5jt (uang semesteran). padahal dia pacar saya dijanjikan keringanan hingga menjadi dokter gigi. mohon tanggapannya. apakah SK rektor terbaru isinya seperti itu?

  6. Deasy Afina Ghassani II says:

    untuk biaya kelas inter FK'nya bagaimana? mohon infonya :)

  7. ap bnar biaya d UI tu gak mahal……uang SPP n PEMBANGUNAN nya brpa ea????

  8. berapa sebenarnya nilai nominal mulai dari pendaftaran -perkulihaan/semester?

  9. saya pngen masuk situ

  10. gw di ui aja deh…

  11. berapa si biaya kuliah di Universitas Indonesia buat progam study teknik mesin . .??

  12. Masuk ui itu susah gak cie,,….

  13. maaf mau tanya apkah tersediah beasiswa bagi kelas paralel

  14. Gendiss Seherezad says:

    semoga aja aq bisa masuk UI. :)
    Amin…….

  15. Pengen bgt ngambil Program FKM UI dengan Perminatan Manajemen Rumah Sakit

  16. Rina Rachmayani says:

    bismillahirrahmaanirrahiim :)
    UI!

  17. Cornelia Army'Wijayanti says:

    bismillahirahmanirahim :) UI pasti bisa :)

  18. Mudah2an biaya tdk mwnjadi penghalang u/ kuliah di UI…

  19. GrEtha Pandiangan says:

    pengen…..
    :)

  20. FMIPa UI 2012 berapa biaya pendidikannya?

  21. Nurul Alfian says:

    fkg ui gmn seh? mahal ta?

  22. abis baca artikel ini , kok jadi optimis ya masuk ui ..:) bismillah ,, pasti bisa :)

  23. kelas paralel hukum selalu masuk sore kah?

  24. Bonda Ambon Sunda says:

    pasti bisa amiiin..

  25. saya kerja sbulan berpenghasilan 1600000,,ada nggak ya1 semesteran nggak lebih dari 3 jutaan gitu,,???,,tnks,,

  26. semangaaaat jaket kuning

  27. insya Allah aku jadi maba UI tahun 2012 ini. aamiin.

  28. Nadiyya Syahidah Sargo says:

    bismillahirrahmanirrahim FKUI 2013
    AAMIIN yaa Allah yaa rabbal 'alamiin :")

  29. ya syukurlah ngak banyak biaya kuliah di UI yah mudah2an TUHAN mengabulkan doa kami sekeluarga bahwa anak saya bisa masuk di FKUI Amin.

  30. Angel Li Yani says:

    mudah"han yani biza sampai sekolah yank tinggi
    amien yah allah :)
    dan biar bisa bahagiain ke 2 orang tua yani
    doa'in ajja yah semua'a :)

  31. Di ui ada kuliah sbtu minggu gk??

  32. Fildzah says:

    Mohon maaf, dimana saya bisa mendapatkan informasi perincian biaya nya ya?

  33. rut yesika simak says:

    thanks God,perhaps my parent can pay in future God..hope i can be new collegian on FK UI …:))

  34. Riska Mardiyanti says:

    Kira-kira tahun depan biaya masuk FK berapa ya… (biaya max dan biaya min)???
    Mohon dijawab ya… Thanks before…

  35. Ardha Rista Lestari says:

    Benaran kan… Aku mau mencoba ah…. :D

  36. diah anisya says:

    saya mw mendftr d UI jurusan farmasi thn ajrn 2013/2014. kr2 biayax brp ???

  37. Diah Anisya says:

    saya mw mendaftar di UI thn ajrn 2013 jurasan Farmasi. Biayax brp yach???

  38. Selmus Squirel says:

    kalo FKG d UI ?

  39. Laila Syafira Puspita says:

    Mau tanya dong, biaya masuk akademi keperawatan di UI berapa ?
    UP berapa ? persemester berapa ?

  40. SAYA ingin masuk S2 di berapa ya biayanya??//

  41. semoga aja aku bsa msuk UI. amien

  42. mudah-mudahan saya bisa masuk UI dengan mudah. AMIIN :)

  43. kalo biaya jurusan HI berapa yah?

  44. kak smile
    kalo dari SMK jurusan multimedia masuk FKUI bisa engga ka ? Multimedia tuh kalo di SMA sih sama aja kelas ipa ka, soalnya dipelajarin fisika, kimia,biologi juga.
    terus di FKUI nerima siswa bidik misi engga ka ?
    #mohon dijawab yah ka smile penting banget wink

  45. S Berta Riantini says:

    Anak sy kuliah di Vokasi UI jurusan Akuntansi Publik, saat ini saya merasa keberatan dg biaya pendidikannya tiap semester kalau mau minta keringanan bisa apa tidak dan bagaimana caranya? Terima kasih

  46. S'Ciut Brilliant says:

    untuk jurusan kepariwisataan biaya nya berapa ya

  47. Saepul Zindan says:

    Impian Saya dari dulu pengen bgt kuliah apalagi di Universitas Negeri seperti di UI berhubung My Parrent Broken Home saya tidak bisa melanjutkan segalanya, tapi bukannya sombong kalau kemampuan skill saya ada buktinya saya bisa menjuarai juara umum di salah satu sekolah SMK Swasta di daerah bogor, namun ketidakmampuan saya di bidang ekonomi sampai tidak bisa melanjutakan kuliah, karena saya bertanggung jawab untuk menghidupi keluarga saya, operasinal pribadi, dan saya harus extra Kerja keras buat itu semua, gmna saya bisa melanjutkan kuliah, padahal itu angan” saya,,,

    Jadi saya berpesan yg sangat harus diperhatikan oleh semua
    ” Jika orang tua-mu MAMPU membiayai Mu kuliah jangan pernah sekali kali sia-siakan kesempatan kamu untuk bisa meraih pendidikan yg lebih layak, harapan orang tua-Mu adalah kamu,,, INGET…!!!
    Dan pikiran jika kamu ada diposisi saya !!!”

    Mudah-mudahan ini didengar oleh pemerintah, dan semoga ada solusinya, untuk membangun Indonesia lebih maju dibidang pendidikan, dan jgn sampe ada org seperti saya

    THIS IS ASPIRATION
    YOUR ASPIRATION ….. ?

    #bersyukur

  48. muhammad iskandar says:

    Boleh nanya kalo smknya ngambil jurusan administrasi perkantoran trus kuliahnnya ngambil jurusan FIK bisa ngga ?

  49. You really allow it to be appear to be quite simple with all your presentation however I in finding this matter being basically a very important factor that we imagine I’d never have an understanding of. It sort of feels far too complex as well as broad for me personally. We are looking ahead to your current following posting, I’m going to attempt to obtain the cling of computer!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title="" rel=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>