Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Indonesia 2012

Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Indonesia 2012 sudah dimulai. Silakan teman-teman pelajar mempersiapkan diri sebaik-baiknya untuk masuk UI. Selamat Belajar dan Sukses!!

Jalur Masuk UI 2012

Universitas Indonesia menerima mahasiswa baru lulusan SMA/SMK/MA/Sederajat melalui beberapa jalur masuk. Tahun 2012 jalur masuk yang ada adalah jalur Undangan dan jalur Ujian Tulis.

Jalur Undangan dahulu dikenal sebagai PMDK dan di UI disebut PPKB (Prestasi dan Pemerataan Kesempatan Belajar).

  • Jalur undangan untuk S1 Reguler adalah SNMPTN Undangan. Sejak TA 2011 PPKB S1 Reguler diintegrasikan dalam SNMPTN Undangan, sehingga peraturan pendaftaran mengikuti ketentuan SNMPTN Undangan.
  • jalur Undangan untuk Vokasi (D3) melalui PPKB Vokasi (D3)
  • jalur undangan S1 Paralel melalui PPKB S1 Paralel
  • jalur undangan S1 Kelas Internasional melalui Talentscouting.

Jalur Undangan merupakan seleksi prestasi akademik (raport) dan tanpa ujian tulis. Hanya sekolah yang mendapat undangan yang dapat merekomendasikan siswanya di jalur ini.

Jalur Ujian Tulis yakni SNMPTN Tulis dan SIMAK UI. Perbedaan SNMPTN Tulis dengan SIMAK UI adalah pihak penyelenggara dan pilihan program pendidikan. SNMPTN Tulis diselenggarakan oleh Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional. Program pendidikan yang dapat dipilih dalam SNMPTN Tulis hanya S1 Reguler. pendaftaran SNMPTN melalui website resmi SNMPTN di http://www.snmptn.ac.id. Sedangkan SIMAK UI diselenggarakan oleh UI dengan pilihan program pendidikan meliputi Vokasi (D3), S1 reguler, S1 paralel dan S1 Kelas Internasional. Peserta dapat memilih Vokasi (D3), S1 Reguler dan S1 Paralel sekaligus, hanya dengan 1x ujian. Sedangkan ujian S1 Kelas Internasional diselenggarakan terpisah, karena tes tulis menggunakan pengantar bahasa inggris. Pendaftaran SIMAK UI online di website http://penerimaan.ui.ac.id.

Informasi SIMAK UI 2012 bisa disimak di artikel SIMAK UI 2012

Program pendidikan Vokasi (D3), S1 Paralel dan S1 Kelas internasional menerima lulusan SMA/SMK/MA/Sederajat tanpa batasan usia ijasah. Sedangkan S1 Reguler hanya menerima lulusan SMA/SMK/MA /Sederajat maksimal 3 tahun terakhir (contoh: pendaftaran 2012 untuk lulusan SMA/Sederajat 2012, 2011, 2010). Persyaratan tambahan bagi pendaftar Kelas Internasional adalah memiliki TOEFL Institusional (ITP) min.500 atau iBT min.61 atau CBT min.173 atau IELTS min.5.5.

Biaya Pendidikan untuk S1 Reguler SNMPTN Undangan = S1 Reguler SNMPTN Tulis = S1 Reguler SIMAK. Cek biaya pendidikan S1 Reguler di Biaya Kuliah di UI

Bagi mahasiswa S1 Reguler terdapat Biaya Operasional Pendidikan (BOP) Berkeadilan dan beasiswa uang pangkal, yakni biaya pendidikan dan uang pangkal disesuaikan dengan kemampuan orang tua/wali yang menanggung biaya pendidikan.

Author : Rony Wijaya

Dapatkan Update Rumus dan Soal Terbaru Dari Blog ini! Dengan memasukkan alamat email Anda di bawah ini, maka Anda akan mendapatkan update terbaru secara langsung.


rumus

Jika rumus ini bermanfaat, silakan klik Like Facebook

2 thoughts on “Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Indonesia 2012

  1. memilih opsi pembayaran BOP-B agar biaya kuilah yang kamu dapatkan bs disesuaikan dengan kemampuan finansial keluarga. semangat ya ! @ Ryan K Sada perbedaan untuk S1 Reguler akan lebih murah dibandingkan dengan D3 karena bisa memilih opsi pembayaran BOP-B. sehingga antara biaya kuilah dengan kemampuan finansial keluarga bisa disesuaikan.tapi kalau S1 Paralel, S1 melalui jalur masuk KSDI, S1 KKI, sudah pasti lebih mahal dari S1 reguler dan atau D3.@ Vitomau tanya dulu, kamu dapet infonya dari mana ya ?? terima kasih@ ade lucky juniawan & Denadesaaamiiin !!! ^^ salam semangat membara!kami tunggu kedatangannya di UI.@ yoga^^ akan diusahakan ya yoga ayo yakin kamu bisa bergabung dengan keluarga besar UI 2011 belajar, doa, niat! pasti bisa !SUKSES ya SEMUANYA

    • Rachel Panjaitan says:

      Saya rencananya tahun depan mau kuliah di UI dengan jurusan Civil Engineering. Bagaimana caranya supaya saya bisa masuk Fakultas Civil Engineering dan kira2 brapa biaya kuliah dan Uang Pembangunannya? Apakah biaya bisa dicicil?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title="" rel=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>